Sesudah saya cukup kecewa dengan tugas Urban Intervention kalian sebelumnya, saya harap untuk kali ini kalian benar-benar serius dengan pekerjaan kalian.Harap tanggal pemasukan/upload yang saya minta dipatuhi. Karena ini setidaknya membantu kalian untuk tetap bekerja dan produktif selama masa ‘liburan’ ini.

Kalian setidaknya sudah tahu ada dimana standar nilai saya. Saya berani memberi nilai 90, tapi sekaligus tega memberi kalian nilai 40. Dan saya harap kalian cukup berusaha supaya apa yang terjadi pada phase Urban Intervention tidak terulang lagi.

Sekedar kalian tahu, setiap proses yang kalian lakukan mendapat nilai, dan itupun cukup besar yaitu 30% dari total keseluruhan. Jadi bukan hasil akhir yang menentukan nilai – walaupun saya berharap kalian mengejar pengetahuan dan ilmu, bukannya nilai belaka.

Mengenai UTS, saya menyarankan:

1. harap membawa semua hasil studi kalian selama ini, termasuk collage dan tugas2 yang saya minta sebelumnya

2. siapkan diri kalian untuk menggambar dengan cepat, dalam artinya siapkan semua perlalatan dan bawa ekstra kertas. Kalau perlu membawa makan siang dan minuman yang cukup sehingga kalian tidak perlu sengaja makan siang.

3. Ujian ini hanya 7 jam saja, pastikan masa ‘liburan’ ini kalian pergunakan sebaik-baiknya untuk menganalisa. Selama 7 jam ujian nanti kalian tidak akan bisa menganalisa lagi, melainkan harus sudah menghasilkan.

4. Karena keterbatasan waktu ujian, mulailah mengimajinasikan proyek kalian – seperti Marcopolo dalama Invisible Cities (Italo Calvino). Itulah gunanya kalian membaca buku itu.

5. Jangan terprengaruh dengan mahasiswa lain. Saya menyaksikan kalian begitu mudah terpengaruh dengan kerja mahasiswa lain. Sedikit percaya diri lah dengan kemampuan dan ide kalian sendiri.

6. Pelajari apa inti dari charrette seperti yang sudah saya berikan link nya di situs Stupa 3.

7. Tolong cek situs Stupa 3, karena siapa tahu saya memberikan pengumuman atau referensi.

Terima kasih, selamat belajar dan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakannya.

Advertisements